Apa Itu USD Coin Cara Kerja dan Cara Beli

Apa Itu USD Coin? Cara Kerja dan Cara Beli

Apa Itu USD Coin? Cara Kerja dan Cara Beli

Dalam artikel ini kali, kita akan mengenali USD Koin (USDC). USD Koin (USDC) ialah stablecoin yang berjalan pada jaringan blockchain Ethereum dan bisa diganti dengan rasio satu banding satu sama dolar AS.

USDC ialah token ERC-20 yang memungkinkannya semua pemakainya untuk membayar, utang, investasi dan perdagangan. Arah dibikinnya USD koin ialah untuk membikin transaksi bisnis jadi lebih cepat dan tambah murah dibanding pembayaran tradisionil.

Tiap nilai USD Koin ditegaskan berharga dengan 1 dolar di bank, untuk membikin pembayaran kripto lewat blockchain jadi lebih bisa dihandalkan dengan kurangi naik-turun harga. Sekarang ini, harga USDC ke IDR ialah Rp14,947 untuk per asetnya. Di awal tahun 20121, telah ada 9 miliar dolar AS USDC yang sudah diciptakan oleh Circle.

Dengan memakai USD Koin, Anda bisa mengalihkan dolar AS kemana-mana dan kapan pun, cuman dalam beberapa saat. Token ini bawa kestabilan untuk nilai asset kripto.

Cara Kerja USD Coin (USDC)

USD Koin (USDC) berjalan pada bawah jaringan Ethereum yang disebut blockchain terdesentralisasi dan bisa diprogram hingga memungkinkannya pengembang membuat sebagian besar program dan token.

Setiap USDC disokong oleh satu dolar AS yang diletakkan di bank, memungkinkannya stablecoin untuk menjaga nilai ganti satu-ke-satu dengan Dolar AS. Anda bisa beli USDC lewat bursa, seperti Zipmex dan menyimpan di dompet yang cocok dengan Ethereum. Tidak ada ongkos untuk mentransfer dolar AS ke USDC.

TRENDING  Mengenal Tether (USDT) Kripto yang Kontroversial

Stablecoin seperti USDC mempunyai beragam manfaat, berikut sejumlah salah satunya:

  1. Kirim uang dengan murah dan cepat, dimanapun di dunia tanpa lewat bank
  2. Dapat memperoleh hasil lebih tinggi dengan pinjamkan USDC Anda lewat beragam program keuangan terdesentralisasi (atau DeFi).

Koin USD bukan hanya diciptakan demikian saja. Circle jamin jika tiap token USDC disokong dengan 1 dolar AS. Proses mengganti dolar AS jadi token USDC disebutkan tokenisasi.

Tidak seperti stablecoin Tether (USDT) yang terpopuler, pembikin USDT berkewajiban untuk memberi transparan penuh dan bekerja dengan beragam instansi keuangan untuk menjaga cadangan penuh dari mata uang fiat yang sama dengan.

Semua penerbit USDC diwajibkan untuk dengan teratur memberikan laporan pemilikan USD mereka, yang selanjutnya diedarkan oleh Grant Thornton LLP.

Siapakah Team Dibalik USD Coin (USDC)?

USD Koin diperkembangkan oleh Circle dan Coinbase. Sementara, tehnologi dan rangka kerja diperkembangkan oleh Centre. Circle dan Coinbase ialah penerbit komersil pertama USDC.

Circle dibangun pada 2013 oleh pebisnis Jeremy Allaire dan Sean Neville. Circle sendiri ialah Money Transmitter sah, yang jadikan perusahaan buku keuangan terbuka.

Money Transmitters ialah usaha service uang AS yang perlu patuhi undang-undang dan ketentuan federasi. Saat sebelum USDC diedarkan, jumlah yang sama dengan USD ada di salah satunya partner terakreditasi Circle. Mengakibatkan, semua token USDC ditata, terbuka, dan bisa diverifikasi. Disamping itu, Circle dikenali sebagai startup crypto yang disokong oleh Goldman Sachs.

Cara Membeli USD Koin di Zipmex

  1. Click Tombol “Trade”, Lantas Tentukan “Buy”

Login ke account Zipmex Anda. Pada halaman teras, Anda akan menyaksikan tombol “Trade” pada toolbar sisi bawah. Seterusnya bakal ada dua opsi transaksi bisnis, yakni “Buy” dan “Sell”, tentukan pilihan “Buy”.

  1. Beli USDC

Seterusnya, Anda akan mendapati daftar beragam asset kripto yang ada di Zipmex komplet dengan pasangan mata uangnya. Dimulai dari seperti Bitcoin, Ethereum, XRP, USDC dan ada banyak kembali. Anda langsung bisa pilih USDC.

  1. Pilih Harga Pasar atau Limit

Dalam program ada dua langkah untuk lakukan pembelian asset kripto. Anda dapat pilih Pasar untuk beli pada harga yang merujuk ke harga real-time di pasar di saat itu juga.

TRENDING  Binance Coin: Mengenal Aset Kripto Unggulan BNB

Contohnya, bila harga USDC terbaru ialah Rp14.947, karena itu saat lakukan transaksi bisnis, Anda akan mendapatkan harga yang serupa.

Sebaliknya, bila Anda pilih Limit Buy, pembelian Anda atas satu asset digital akan dilakukan jika harga sesuai yang Anda harapkan. Misalnya, bila Anda putuskan ingin beli USDC saat harga capai Rp20.000, karena itu transaksi bisnis akan dilakukan saat harga USDC ada pas di tingkat harga yang Anda pasang.

Dari sisi jumlah pembelian, Anda dapat putuskan seberapa banyak asset kripto yang Anda membeli sesuai dana yang Anda punyai. Ada tiga opsi yang dipersiapkan. Anda dapat beli USDC dengan 100 %, 50 % atau bahkan juga cuman 25 % dari saldo yang Anda punyai.

  1. Konfirmasi Pesanan Anda

Sesudah tentukan tipe pembelian (pasar atau limit), harga, dan jumlah dana yang ingin Anda keluarkannya, click “Ulasan Order”. Pada proses ini, Anda akan melanjutkan proses ke tingkatan seterusnya yakni verifikasi pesanan. Apabila sudah sama sesuai, karena itu Anda perlu click “Confirm Order”.

  1. Selamat, Transaksi bisnis Berhasil!

Jika pesanan Anda telah diverifikasi, Anda akan memperoleh pesan verifikasi. Anda langsung bisa memeriksa peralihan saldo deposit dan Bitcoin untuk pastikan jika pemasaran Anda sudah sukses. Gampang sekali, kan? Cukup langkah-langkah saja, Anda segera bisa mempunyai asset kripto di wallet Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.